Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster )

Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster ) - Hallo sahabat LOVE4RAG, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster ), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya, Artikel hamster, Artikel hewan, Artikel peternakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster )
link : Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster )

Baca juga


Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster )



Merawat hamster mungkin kelihatannya sangat sulit dan merepotkan, belum lagi untuk membeli beberapa hal yang di butuhkan untuk hamster biar menjaga hamster dalam kondisi baik dan senang membutuhkan cukup banyak pengeluaran.

Tetapi jangan salah, memelihara hamster itu sesungguhnya sangat menguntungkan bagi kita. Jika kita sudah terbiasa memelihara hamster dan merawatnya sesungguhnya tidak begitu merepotkan dengan apa yang sudah teman baca melalui pencarian teman bahkan sangat menyenangkan. Nah niscaya masalahnya biaya. Jangan khawatir sobatku! dengan memelihara hamster anda sanggup mengambil peruntungan yang sangat menjanjikan yaitu dengan berternak hamster. Lalu, bagaimana sesungguhnya cara ternak hamster yang baik? Oke deh sip di simak ya sobat!

Langkah awal beternak dan budidaya hamster

Pemilihan hamster

Langkah pertama yaitu menentukan hamster ini sangatlah penting, untuk para pemula yang ingin berternak hamster saya sarankan untuk menentukan hamster Campbel karna harganya tergolong murah dan cara merawatnya pun gampang walau memang hamster Campbel sedikit galak. Tetapi teman bebas mau menentukan hamster apa saja sesuai selera sobat. Tapi saya sarankan lagi, untuk menentukan induk hamster yang baik pilihlah hamster betina yang lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik serta mempunyai postur yang sehat dan sudah berumur 4-11 bulan alasannya kalau umurnya kurang dari 3 bulan di khawatirkan anak yang di hasilkan nantinya akan lemah dan pertumbuhannya kurang maksimal dan ini juga sanggup mengakibatkan sang induk menjadi stress karna hamil di usia yang masih muda. Lalu pilihlah hamster jantan yang mempunyai bokong besar yang di buktikan bahwa hamster tersebut subur. Dan saya tegaskan dalam mengawini hamster harus dengan jenis yang sama tapi dilarang sedarah ya. Kenapa? Karena perkawinan sedarah sanggup memicu kelainan genetika pada bayi yang dihasilkan. Contohnya menyerupai prematur, lahir cacat, dan lemahnya kondisi hamster dan itu sanggup di liat di umur hamster pada ketika 8 bulan. Tetapi hal ini tidak akan terjadi bila teman sanggup merawat dengan baik hamster soba yang sedang hamil dan melahirkan tetapi untuk lebih baiknya, hindari perkawinan sedarah.

Hamster Syrian

Hamster Syrian ini sudah matang untuk di kawinkan ketika beliau berumur 2-3 bulan, menyerupai yang saya katakan sebelumnya lebih baik jangan di kawinkan sebelum berumur 3 bulan ke atas. Untuk hamster Syrian betina masa suburnya setiap 4 hari sekali dan biasanya hamster Syrian betina hanya mau di kawini pada malam hari sekitar pukul 20:00 hingga subuh sekitar pukul 05:00. Ciri-ciri hamster Syrian betina siap mau di kawini yaitu dengan menggaruk-garuk punggungnya dan mengangkat ekornya ke atas dengan mata setengah tertutup. Anak yang di hasilkan dalam sekali kawin sanggup mencapai 6-10 ekor, hal ini tergantung umur dan kualitas si jantan dan betina

Hamster Campbel

Untuk hamster Campbel sudah boleh di kawinkan minimal berumur 3 bulan. Hamster Campbel mencapai masa suburnya setiap 3 hari sekali, usahakan bila mau mengawini hamster jenis Campbel ketika usia hamster jantan lebih renta dari usia hamster betina.
Dalam proses pengembang-biakan hamster Campbel, siapkan satu kotak untuk sepasang hamster dan kemudian masukkan terlebih dahulu hamster jantan sendirian selama 2-3 hari sesudah itu gres masukkan hamster betina yang sudah matang untuk di kawini. Proses selanjutnya kebiasaan hamster ini sebelum kawin adalah hamster jantan akan mengendus-endus hamster betina terutama alat kelaminnya, nah bila perjodohan sudah cukup lama maka secara nurani hamster jantan akan mengawini hamster betina tersebut.

Hamster Winter White

Hamster Winter White siap di kawinkan pada umur 4-5 bulan. Hamster Winter White ini tidak jauh beda dengan hamster Campbel. Masa suburnya sama setiap 3 hari sekali. Dalam proses pengembang-biakannya hamster winter white kurang lebih sama dengan hamster Campbel.

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski siap di kawinkan pada umur 7-8 bulan. Akan tetapi bila sudah berumur 6 bulan kebanyakan sudah sanggup untuk di kawinkan karna sesungguhnya hamster Roborovski ini untuk usia kematangan seksualnya pada umur 5-6 ahad tapi untuk untuk gres sanggup di kembang biakannya pada umur 6-7 bulan biar pada usia tersebut sang hamster betina akan sepenuhnya matang dan cukup berpengaruh untuk menghasilkan anak dan merawat anaknya dan akan menjadi steril sesudah 2 tahun. Masa subur hamster betina Roborovski ini setiap 4 hari sekali dan akan tetap subur dalam jangka waktu 12 jam dimana perkawinan sanggup terjadi dalam arti ini yaitu sebuah tantangan untuk hamster jantan mengawini hamster betina dalam masa subur karna dengan hamster jantan berhasil mendapatkannya sudah sanggup di pastikan bahwa hamster betina akan hamil. Kalau untuk hamster jantan akan selalu subur sepanjang hidupnya.
Banyak peternak hamster Roborovski menyampaikan bahwa hamster betina Roborovski tidak akan berkembang biak dengan sukses hingga animo semi berikutnya. Hal ini sanggup di pastikan bahwa hamster Roborovski mempunyai animo kawin yaitu animo semi atau animo panas yang dimana bekerjasama dengan peningkatan panjang hari atau suhu. Pencahayaan dan pemanasan buatan sanggup merubah animo kawin hamster ini dan mungkin sanggup membentang sepanjang tahun. Akan tetapi mereka sanggup membatasi untuk terus memproduksi sel telur karna harus memelihara anaknya secara terus menerus. Dan ingat, untuk mengawini hamster jenis ini usahakan hamster jantan lebih besar dari hamster betina. Hamster betina Roborovski sanggup menghasilkan sel telur setiap 4 ahad atau lebih dan hanya sanggup menghasilkan 3-5 ekor anak saja dalam sekali kawin.

Hamster Hybrid

Berhubung hamster Hybrid yaitu hasil persilangan yang sangat di perihal oleh dunia maka sudah tentu hamster ini dilarang di kembang biakan. Dan sudah tentu hamster Hybrid ini sudah jarang sanggup kita jumpai alasannya sesungguhnya sangat di perihal untuk memelihara hamster ini dengan alasan menyerupai yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam artikel sebelumnya.

Hamster Cina

Hamster Cina siap di kawinkan pada umur 3-4 bulan akan tetapi sama menyerupai yang saya jelaskan sebelumnya lebih baik di kawinkan pada umur 4 bulan.
Cara pengembang-biakannya sama menyerupai hamster Campbel dan Winter White.

Cara mengetahui jenis kelamin hamster

Pegang hamster kesayangan anda dan secara lembut dan perlahan balikkan hamster tersebut di telapak tangan anda biarkan beliau telentang di tangan anda tetap dengan perlakuan yang penuh kasih sayang.

Perhatikan kawasan kelamin hamster anda.

Jantan : Memiliki 2 lubang yang terpisah kira- kira 1_2^1 cm. Bagian bawahnya akan lebih memanjang. Biasanya hamster jantan akan terlihat lebih besar daripada hamster betina tetapi tidak selalu.
Betina : Memiliki 2 lubang yang sangat erat bahkan menyerupai melekat serta mempunyai 4 buah puting susu.

Jika teman kesulitan membalikkan hamster teman di tangan, coba masukkan ke dalam plastik dan lihat melalui piring dengan hati-hati. Ini sanggup menghemat waktu teman untuk mengamati jenis kelamin hamster.
Pastikan umur hamster 3-4 ahad alasannya bila mengamati sebelum umur tersebut teman akan kesulitan membedakan jenis kelamin hamster.

Proses perkawinan hamster

Sebelumnya sudah niscaya kita harus menyatukan hamster kita terlebih dahulu, caranya yaitu dengan menciptakan sangkar khusus untuk proses kawin mereka. Lalu biasanya beri sekat di tengah-tengahnya, hal ini mencegah pertengkaran antara hamster betina dengan hamster jantan bila eksklusif di satukan walaupun pertengkarannya biasanya hanya berlangsung 2-3 hari dan tidak akan menimbulkan luka tapi alangkah lebih baiknya bila di pisahkan dulu bersebelahan sekitar 1 ahad paling usang biar hamster betina tidak akan stress dan biar mereka sanggup mengenal satu sama lain dari baunya.

Setelah di satukan biasanya hamster jantan akan menciumi kelamin hamster betina. Biasanya hamster betina akan berperilaku sedikit jual mahal, ia tidak akan eksklusif mau begitu saja untuk di kawini. Akan tetapi ia niscaya akan terus berlari biar tidak di kawini dan hamster jantan akan terus mengejar hamster betina.

Proses kejar mengejar itu biasanya tergantung dari hamster betina, bila ia sudah mulai lelah untuk berlari ia akan terlihat pasrah dan mau untuk di kawini. Perkawinan hamster sanggup terjadi selama 3 ahad atau sanggup hanya 1 kali saja, semua tergantung oleh pembuahan dari hamster yang anda pelihara.
Lalu, apabila kedua hamster telah merasa puas, mereka akan menjilati alat kelamin satu sama lain.
Proses perkawinan biasanya berlangsung selama 15 menit dan sesudah itu hamster betina akan membersihkan dirinya sendiri.
Apabila hamster betina sudah terlihat hamil, segera pisahkan hamster jantan dan betina di sangkar yang berbeda. Hal ini di maksud biar hamster betina tidak merasa terganggu dan terancam yang sanggup menimbulan stress sehingga nantinya ia sanggup melahirkan anak-anaknya dengan baik.

Makanan

Berilah makan dan minum pada hamster kesayangan teman dengan baik dan teratur menyerupai yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya perihal menu kuliner hamster. Makanan yang sangat direkomendasikan ketika melaksanakan budidaya hamster yaitu kuliner mengandung telur sebagai sumber kuliner berprotein, telur yang kaya akan protein akan membangkitkan gairah pasangan hamster untuk kawin dan terakhir ragi, kenapa ragi? alasannya ragi akan menciptakan hamster relax dan tidak strees ketika proses beternak, tingkat kesetreesan hamster ialah salah satu penyebab mengapa banyak peternak hamster tidak sukses mencapai sasaran pembudidayaan, berikan kuliner yang mengandung ragi menyerupai snack untuk hamster, roti atau alternatifnya berikan setengah tablet vitamin anjing atau kucing yang mengandung vitamin B alasannya dipastikan banyak kandungan ragi juga disana.

Kandang Ternak

Seperti yang sudah saya jelaskan juga pada artikel sebelumnya perihal perawatan sangkar hamster yang baik dan sehat. Saya tegaskan lagi saja bahwa dalam mengganti serbuk kayu sangat di nomor satukan ya jadi jangan malas.

Tidak hanya insan yang sanggup berpoligami tetapi hamster juga sanggup poligami atau dengan kata lain kawin dengan hamster betina yang berbeda-beda. Berikut ada beberapa poin terpenting penggunaan atau jenis sangkar ketika ingin mengadakan proses perkawinan hamster kesayangan sobat.

Kandang untuk ternak sanggup berupa kotak kardus yang sudah teman rangkai, anda juga sanggup memakai akuarium beling atau plastik. Tapi biar tidak merepotkan sobat, usahakan sangkar tersebut yang sanggup menciptakan kotoran hamster jatuh ke bawah sehingga teman akan lebih gampang untuk membersihkannya.

Pastikan sangkar ternak teman bebas dari tikus, kuncing dan hewan lainnya. Pastikan sangkar tersebut juga harus aman, higienis dan nyaman. Pastikan sangkar ternak itu tidak ada celah untuk hamster kabur dalam arti keluar kandang, Tentukan berapa pasang yang akan di ternak.

Jika teman ingin menernakkan 10 hamster maka cukup satu sangkar besar saja untuk proses perkawinan hamster. Biasanya bila ingin menernakkan 10 hamster idealnya yaitu 2 hamster jantan dan sisanya yaitu hamster betina. Dan jangan lupa! Harus dengan hamster yang sejenis tapi tidak sedarah ya dalam satu sangkar tersebut. Jika proses perkawinan sudah selesai dan terlihat hamster betina sudah hamil segera pisahkan hamster betina dan jatan.

Akan tetapi sesama hamster betina yang sama-sama sedang hamil juga harus di pisahkan ya biar tidak timbul pertengkaran alasannya merasa takut terancam dan proses melahirkan juga tidak akan tenang. Kandangnya sanggup berupa gayung atau kaleng bekas cat tembok ukuran 5 liter untuk lebih menghemat biaya dan atasnya kasih tutup kawat strimin untuk setiap masing-masing hamster betina yang hamil. Lalu di kandangnya kasih dami padi atau kulit jagung kering dan bekas gergajian kayu sebagai alas. Dan kalau lagi hamil, hamster jangan di pegang pakai tangan tapi ambil pakai sendok alasannya hamster yang sedang hamil cenderung lebih sensitive dan galak.
Oke itu yaitu poin terenting dalam berternak hamster.
Saya doakan semoga anda berhasil dan sanggup berbisnis dengan sangat menguntungkan tapi jangan lupa bagi saya ya! Hehehe good luck!




Demikianlah Artikel Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster )

Sekianlah artikel Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Gampang Dan Mudah Dalam Beternak Hamster ( Trik Dan Tips Beternak Hamster ) dengan alamat link http://love4rag.blogspot.com/2020/07/cara-gampang-dan-mudah-dalam-beternak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel