Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar

Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar - Hallo sahabat LOVE4RAG, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara menanam, Artikel perkebunan, Artikel sayuran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar
link : Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar

Baca juga


Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar

Ada berbagai jenis sayuran yang sanggup anda temui tersedia di pasaran, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Sayuran merupakan salah satu materi kuliner utama bagi masyarakat Indonesia. Biasanya sayuran diolah menjadi kuliner baik itu tumisan ataupun rebusan.

Meski demikian, kadang sayuran juga dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Melihat dari tingginya usul akan sayuran, tak heran bila budidaya sayuran dianggap sebagai salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan.



Karakteristik Pakcoy

Salah satu jenis sayuran yang cukup menjanjikan untuk dibudidayakan adalah sawi pakcoy. Jenis sayuran ini termasuk sayuran dengan umur pendek. Biasanya pakcoy hanya berumur kurang lebih 45 hari. Hal ini menimbulkan pakcoy sebagai sayuran yang sanggup dipanen dengan cepat. Pakcoy biasanya dipakai sebagai materi baku sup atau sebagai hiasan (garnish) pada makanan.
Sayuran ini ialah jenis tanaman yang sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Namun biasanya pakcoy yang ditanam di dataran tinggi dengan cara tanam yang baik akan mempunyai kualitas yang lebih bagus. Syarat tanam lain yang perlu anda ketahui ialah pH tanah berkisar antara 5,5 hingga 6, aerasi lahan sempurna, dan flora cukup menerima sinar matahari.

Persiapan Lahan

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam teknik budidaya pakcoy ialah persiapan lahan. Persiapan lahan dimulai dengan menciptakan bedeng berukuran lebar 2 meter. Panjang bedengan menyesuaikan ukuran lahan keseluruhan. Anda juga harus menciptakan terusan air berukuran lebar 50 cm. Setelah itu lakukanlah perataan permukaan bedengan dan santunan pupuk kompos dengan takaran 7 hingga 10 ton/Ha. Tahap persiapan selesai ialah menyiram lahan yang bertujuan untuk memadatkan kompos.

Pembibitan

Tahap selanjutnya ialah pembibitan. Pembibitan sanggup dilakukan dengan memakai polybag atau di bedengan yang terpisah dari bedengan utama. Taburkan benih pada permukaan kemudian tutuplah dengan tanah setebal kurang lebih 2 cm. lakukan perawatan dengan cara menyiram benih dengan sprayer. Setelah 3 hingga 4 hari benih akan tumbuh. Jika flora telah mempunyai 3 hingga 5 helai daun, pindahkan benih ke bedengan utama.

Penanaman

Setelah pembibitan, tahap selanjutnya dalam cara budidaya pakcoy ialah penanaman. Pilihlah bibit yang akan dipindahkan ke bedeng utama. Cirri-ciri bibit yang sehat ialah batangnya tumbuh dengan tegak, daunnya berwarna hijau segar, serta tidak terjangkit penyakit atau hama.
Perhatikan cara penanaman ketika memindahkan bibit ke bedengan utama. Buatlah lubang tanam yang ukurannya 4 x 6 cm. Jika bibit sudah berukuran cukup besar, lubang tanam sanggup dibentuk dengan ukuran 8 x 10 cm. Pindahkan bibit dari polybag ke lubang tanam secara hati-hati. Pastikan tanah yang menempel pada akar tidak pecah. Lalu tutuplah lubang tanam dengan tanah hingga rapi.

Pemeliharaan

Hal lain yang harus dilakukan dalam bercocok tanam pakcoy ialah pemeliharaan. Lakukanlah penyiraman secara teratur, terutama pada isu terkini kemarau. Hal ini dikarenakan pakcoy ialah jenis flora yang sangat bergantung pada air. Penjarangan sanggup dilakukan 2 ahad sesudah penanaman. Sementara penyiangan sanggup dilakukan sebanyak 2 hingga 4 kali selama masa tanam.
Pemupukan juga ialah hal penting dalam cara menanam pakcoy. Anda sanggup memakai pupuk NPK dengan takaran 300 Kg/Ha. Selain NPK, jenis pupuk lain yang sanggup dipakai ialah Urea dengan takaran 50 Kg/Ha. Pemberian pupuk sanggup dilakukan dengan cara ditabur atau dilarutkan ke dalam air dan disemprotkan pada tanaman.

Pencegahan Hama

Pencegahan hama juga merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memelihara kualitas pakcoy yang anda budidayakan. Adapun hama yang sanggup menyerang flora pakcoy antara lain ialah ulat, siput, tritip, dan cacing bulu. Sementara jenis penyakit yang biasa menyerang flora ini antara lain ialah serangan jamur dan bakteri. Pemberantasan hama dan penyakit sanggup dilakukan dengan menawarkan pestisida dan menjaga kebersihan lahan secara berkala.

Semoga bermanfaat, baca juga 5 cara terbaik budidaya selada keriting.


Demikianlah Artikel Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar

Sekianlah artikel Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tip's Budidaya Pakcoy Yang Baik Dan Benar dengan alamat link http://love4rag.blogspot.com/2020/08/tips-budidaya-pakcoy-yang-baik-dan-benar.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel