Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan

Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan - Hallo sahabat LOVE4RAG, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perkebunan, Artikel sayuran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan
link : Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan

Baca juga


Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan

Baby Kailan merupakan salah satu jenis sayuran daun yang mengandung pro Vitamin A dan asam askorbat yang tinggi. Tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi atau dengan ketinggian daerah berkisar antara 700 – 1500 m dari permukaan laut. Beradaptasi pada hampir semua jenis tanah, baik pada tanah lempung berpasir, gembur, berstrektur ringan/sedang hingga tanah berstrektur liat berat dan juga pada tanah organik menyerupai tanah gambut. Kemasan pH tanah yang optimal bagi pertanaman kailan yaitu antara 6,0 – 6,8. Karena pemeliharaannya mudah, cepat, seragam, dan adaptasinya luas, flora kailan ini banyak ditanam di lahan pekarangan.


Cara budidaya baby Kailan
1. Persemaian/pembibitan
  • Siapkan media semai berupa nampan plastik atau rak khusus untuk penyemaian.
  • Isi dengan tanah dan pupuk sangkar atau kompos dengan perbandingan masing-masing 1 bagian.
  • Tabur benih secara merata kemudian percikan air hingga media berair selanjutnya ditutup permukaan. memakai karung, daun pisang, atau plastik selama 2-3 hari biar terjaga kelembabannya hingga hingga benih sudah tampak berkecambah.
  • Jaga media tetap lembab dengan cara memercikkan air biar tumbuh baik.
2. Penanaman
  • Media tanam yang baik untuk dipakai terdiri dari tanah gembur atau top soil, kompos atau pupuk organik, dan sekam padi dengan perbandingan volume 1 : 1 : 1. Aduk ketiga materi ini hingga tercampur rata, kemudian masukan ke pot atau polybag.
  • Bibit yang telah berumur 12 hari sesudah semai sanggup dipindahkan ke dalam pot atau polybag. Ambil media semai dengan hati-hati jangan hingga merusak media dan menimbulkan banyak akar yang terputus. Selanjutnya tanam bibit di lubang tanam secara tegak kemudian tanah di sekitar lubang dipadatkan
3. Pemeliharaan
  • Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan pupuk organik. Jika diharapkan pupuk kimia disarankan dilakukan dengan cara dikocor sebanyak 3,5 gram per liter air, kocorkan larutan pupuk sebanyak 250 cc per tanaman.
  • Penyiraman tergantung pada keadaan cuaca, pada udara panas dilakukan setiap pagi dan sore hari, penyiraman dilakukan semenjak awal penanaman hingga awal panen.
  • Lakukan pencabutan gulma (tanaman liar atau rumput yang tumbuh di media tanam) sekaligus dengan mengemburkan medianya
4. Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)
  • OPT utama yang menyerang flora kailan yaitu sejenis hama/ulat. Pengendaliannya sanggup dilakukan dengan cara pemanfaatan Diadegma semiclausum sebagai parasitoid hama Plutella xylostela, penggunaan pestisida nabati, biopestisida, dan juga pestisida kimia. Pengendalian dengan pestisida harus dilakukan dengan benar baik pemilihan jenis, dosis, volume semprot, cara aplikasi, interval maupun waktu aplikasinya (lihat petunjuk pada kemasan).
5. Panen dan Pascapanen
  • Panen sanggup dilakukan sesudah flora berumur 45-50 hari dengan cara mencabut atau memotong pangkal batangnya. Pemanenan yang terlambat dilakukan mengakibatkan flora cepat berbunga.
  • Tanaman yang gres dipanen ditempatkan di daerah yang teduh, dan dijaga biar tidak cepat layu dengan cara diperciki air. Kemudian dilakukan sortasi untuk memisahkan belahan yang tua, amis atau sakit. Penyimpanan sanggup memakai wadah berupa keranjang bambu, wadah plastik atau karton yang berlubang-lubang untuk menjaga sirkulasi udara.[tk]


Demikianlah Artikel Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan

Sekianlah artikel Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Gampang Budidaya Tanaman Baby Khailan dengan alamat link http://love4rag.blogspot.com/2020/07/cara-gampang-budidaya-tanaman-baby.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel