Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal

Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal - Hallo sahabat LOVE4RAG, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bekicot, Artikel hewan, Artikel peternakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal
link : Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal

Baca juga


Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal



Siapa sangka, mahluk yang tidak sedikit orang yang menganggapnya jijik, namun sehabis tahu rasa hidangannya di atas piring, dengan paduan aroma bumbu yang menggugah selera mereka justru lupa akan rasa jijik mereka, makluk ini dinamakan BEKICOT.

Bekicot merupakan sejenis binatang yang konon kabarnya sangat bermanfa’at bagi kesehatan, sudah banyak sekali banyak sekali jenis kuliner yang dibentuk dari materi binatang ini, dari mulai sate bekicot hingga keripik bekicot yang sudah menjadi komoditi eksport.

Melihat potensi tersebut tentu saja materi baku yang biasa muncul pada ekspresi dominan penghujan saja sanggup dikelola dengan cara beternak bekicot secara instensif sehingga tidak mengandalkan pada ekspresi dominan penghujan saja.
Raja jempol dalam artikel kali ini mencoba untuk share bagaimana cara budidaya bekicot yang ideal.
Dalam budidaya bekicot luas lahan yang dibutuhkan sangat bebas tergantung dari selera peternak apakah ingin hasil yang besar atau yang sedang-sedang saja, kalau ingin hasil yang besar tentu saja ukuran lahan harus luas juga.
 
Adapun tahapan-tahapan dalam budidaya bekicot ialah sebagai berikut :
1. Tahap pertama yaitu persiapan, dalam hal ini mempersiapkan materi dan peralatan. Kandang harus didirikan pada tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25 s/d 30 derajat celcius.
Cara pemeliharaan bekicot dalam sangkar sanggup dilakukan dengan cara memisahkan antara bekicot kecil dengan besar atau juga dengan mencampurnya tanpa melihat usia bekicot.
 
Bedakan mana bekicot yang memang untuk tujuan pembibitan [indukan] dan mana yang yang dipanen.
Ada beberapa jenis sangkar dalam membudidayakan bekicot antara lain :
sangkar kotak kayu yang terbuat dari lembaran kayu triplek berkaki ukuran panjang dan lebar 1 X 1 meter tinggi 1,25 meter diatas kotak tersebut diberi kawat kasa supaya bekicot tidak keluar dan tempat berteduh.
 
Kandang semen tak beda dengan ukuran sangkar kotak kayu sangkar semen juga demikian hanya saja pada pecahan dasar sangkar diberi tanah yang mengandung cacing guna menjaga kelembaban sangkar dengan tebal lapisan tanah sekitar 30 cm
dan sangkar galian tanah berukuran panjang, lebar dan tinggi 1x1x1 m, tanah galian yang akan dipakai pilih yang agak kering dan dibawah pohon rimbun.
2. Tahap kedua Pembibitan, ada dua jenis bekicot yang biasa diternak yaitu spesise Achatina fulica dan Achatina variegata.
3. Tahap ketiga pemilihan calon indukan, sebab hibrida belum tersedia, sanggup memakai bibit lokal dengan jalan mengumpulkan bekicot yang banyak terdapat dikebun pisang, kelapa atau semak belukar ketika ekspresi dominan hujan banyak sekali dijumpai.
4. Tahap keempat Reproduksi dan Perkawinan. Dalam tahap ini bekicot biasanya mulai kawin pada umur enam hingga t8ujuh bulan ditempat pemeliharaan. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ketempat yang lebih aman, bekicot bertelur disembarang tempat setiap penetasan jumlah telurnya lebih dari 50-100 butir.
5. Tahap kelima Proses Kelahiran, pada thapan ini telur bekicot menetas sehabis umurnya cukup. Pada waktu menetas menjadi anak cangkang yang biasanya tidak ditunggui induknya, memnetas dengan sendirinya.
 
Untuk memulai perjuangan budidaya ternak bekicot perlu dipertimbangkan faktor lokasi. Lokasi perlu dipilih yang bersahabat dengan jalan, supaya gampang penanganannya, baik dikala pembuatan kandang, dikala pengontrolan maupun penanganannya pascapanen, artinya pada dikala membawa hasil panen tersebut tidak kesulitan dalam transportasinya. Lokasi yang sesuai untuk budidaya bekicot ialah lokasi yang berair serta lembab dan terlindung dari cahaya matahari secara langsung. Selain itu juga tanah yang disukai ialah tanah yang banyak mengandung kapur sebagai zat untuk pembentukan cangkang.
Setelah mendapat lokasi yang sesuai maka untuk membudidayakannya perlu disiapkan :

Penyiapan Sarana dan Peralatan :
Perkandangan Walaupun lahan yang diharapkan tidaklah terlalu luas namun persyaratan mengenai kelembaban dan keteduhan perkandangan perlu diperhatikan, sebab dalam aslinya dan untuk berkembang biak secara baik bekicot bahagia dengan keadaan yang lembab dan teduh. Kandang didirikan di tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25-30 derajat C. Jika di buat di kota besar ibarat Jakarta, lahan perkandangan sanggup di kondisikan di tempat yang teduh, dengan memperlihatkan proteksi berupa tanaman, flora diletakan di sekitar kandang. Untuk menjaga kelembaban sanggup diletakan ember-ember berisi air dengan diberikan untaian-untaian kain yang gampang menyerap air. Tapi jangan lupa untuk memperlihatkan debu abate atau memasukan ikan kecil di dalam baskom air, untuk mencegah nyamuk berkembang biak.
Cara pemeliharaan bekicot tidak terlalu sulit. Bisa dilakukan secara terpisah, artinya bekicot yang kecil dipelihara terpisah dari yang besar. Bisa juga dilakukan secara campuran, yaitu bekicot kecil dan besar dipelihara dalam satu sangkar tanpa melihat umur/besarnya. Bila dilakukan secara terpisah resikonya harus dibentuk beberapa kandang. Fungsi sangkar itu antara lain untuk penetasan, pembesaran dan sebagai sangkar induk.
Ada tiga cara berternak bekicot di dalam kandang, antara lain:

Kandang Kotak Kayu :
Kandang terbuat dalam lembaran kayu tripleks yang berkaki. Untuk kerangkanya sanggup dipakai kayu kaso. Ukuran panjang dan lebar sangkar ialah 1 x 1 meter, tinggi 1,25 meter. Di atas kotak tersebut diberi kawat kasa, supaya bekicot tidak keluar dari dalam kandang. Sebaiknya di atas kotak perlu dibuatkan tempat berteduh, supaya keadaan tempat selalu gelap/tidak eksklusif kena sinar matahari.
Kandang Dari Bak Semen :
Pembuatan sangkar ini sama dengan sangkar kotak kayu. Dalam kolam semen yang perlu diperhatikan ialah alasnya. Untuk membuat suasana lembab, bantalan semen perlu diberi tanah dan cacing untuk menggemburkan tanah dan menyerap kotoran yang dikeluarkan bekicot. Tebal lapisan tanah di dalam kolam sekitar 30 cm. Zat-zat kuliner yang diharapkan bekicot hendaklah selalu tersedia di dalam bak
Kandang Galian Tanah :
Tanah digali dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 1 x 1 x 1 m. Perlu diperhatikan sebaiknya tanah galian yang akan dipakai untuk sangkar dipilih yang agak kering. Sebaiknya sangkar dibentuk di bawah pohon yang rimbun, kalau dindingnya terlalu berair perlu diberi lapisan pasir.
Untuk menjaga keadaan selalu gelap, ibarat cara pertama dan kedua, di atas sangkar perlu dibuatkan bedeng sebagai penutup. Masa panen, bila kandangnya terbuat dari tanah galian, cara pengambilannya dilakukan dengan memakai galah yang sanggup menjepit bekicot supaya bekicot dan telurnya tidak rusak.
Peralatan yang dibutuhkan antara lain : Alat-alat yang diharapkan untuk pembuatan kandang: kayu, semen, bata pasir, kain kasa dan cangkul.
Pemilihan Bibit Calon Induk :
Jika hibrida belum tersedia maka sebagai langkah pertama sanggup dipakai bibit lokal dengan jalan mengumpulkan bekicot yang banyak terdapat di kebun pisang, kelapa, serta semak belukar. Bekicot yang baik dijadikan bibit ialah yang tidak rusak/cacat yang sementara waktu dan yang besar dengan berat lebih kurang 75-100 gram/ekor.
Reproduksi dan Perkawinan:
Bekicot biasanya mulai kawin pada usia enam hingga tujuh bulan ditempat pemeliharaan yang cukup memenuhi syarat. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ke tempat yang lebih aman. Bekicot bertelur di sembarang tempat. Jumlah telurnya setiap penetasan biasanya lebih dari lima puluh butir (50-100). Jumlah produksi telur tergantung masa subur bekicot itu sendiri. Besar telur bekicot tidak lebih dari 2 mm.
Proses Kelahiran :
Telur bekicot akan menetas sehabis usianya cukup. Pada waktu telur itu menetas dan menjadi anak cangkang, biasanya tidak ditunggui induknya. Begitu bekicot simpulan bertelur, telurnya ditinggalkan begitu saja. Telur bekicot akan pecah sendiri melalui proses alam.
 
Tidak semua jenis bekicot cocok untuk dibudidayakan. Dua jenis bekicot yang biasa diternakkan, yaitu spesies Achatina fulica dan Achatina variegata. Ciri bekicot jenis Achanita fulica biasanya warna garis-garis pada tempurung/cangkangnya tidak begitu mencolok. Sedangkan jenis Achatina variegata warna garis-garis pada cangkangnya tebal dan berbuku-buku.
Penetasan bekicot hingga menjadi anak tergantung pada keadaan tempat dan waktu tetas. Bilamana tempat itu memenuhi syarat (sempurna) ibarat kelembaban tanah, iklim dan cahaya yang mencukupi, maka telur akan cepat menetas. Sebaliknya jikalau keadaan tanah/iklim kering dan tempatnya kurang menguntungkan maka telur akan lambat menetas.
 
Bekicot yang bagi sebagian besar orang ialah binatang yang jijik, ternyata memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Salah satunya yaitu sanggup melewati benda tajam tanpa terluka serta sanggup melekat pada dinding tanpa terjatuh. Bekicot sanggup dipakai sebagai kuliner ternak peliharaan di rumah, sanggup dijual sebagai sumber protein, zat kapur, dan fosfor materi kuliner ternak pabrik, Dijual sebagai komoditi ekspor ke Belanda, Taiwan, SIngapura, dan Negara Lainnya.
1. Syarat, Bahan, dan Alat budidaya bekicot
Syarat : Bekicot sanggup hidup baik pada daratan rendah hingga kawasan berbukit tidak lebih dari 1000m dari permukaan laut. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam budidaya bekicot antara lain : Suhu yang dibutuhkan bekicot ialah 26'C-29'C, dan kelembaban antara 80-90%.
Bahan : Bahan utama yang diharapkan untuk budidaya bekicot ialah Bibit Bekicot, Kapur atau pecahan tembok, dan kompos.
Kemudian materi untuk sangkar kebun : watu bata, pasir, semen, flora pelindung.
Lalu untuk materi sangkar penetasan : bambu atau kayu, kawat kasa, engsel, kaleng bekas, pasir, kertas semen, dan jerami.
Alat : Alat yang diharapkan untuk membuat sangkar bekicot ialah : cangkul, sendok tembok, palu, golok, gunting kawat, gergaji, dan meteran.
2. Langkah Kerja Budidaya Bekicot
Pembuatan Kandang, untuk pembuatan sangkar kebun sanggup dilakukan dengan cara : Pilih lokasi kebun yang cukup rindang, Ukur lahan yangakan dipakai untuk sangkar kurang lebih 10m x 10m, Buat parit dengan pasangan watu bata dan diplester dengan semen di sekeliling kebun dengan ukuran lebar 40cm dan dalam 30cm, Kemudian isi parit tersebut dengan air (periksa jangan hingga parit tersebut bocor).
Pembuatan Kandang Penetasan. Kandang penetasan khusus dipakai untuk proses perkawinan. Penetasan telur sanggup dilakukan dengan cara berikut ini : Buat kotak sebagai sangkar tanpa bantalan dengan ukuran lebar 75cm, panjang 150cm, dan tinggi 60cm dengan materi kayu. Kemudian buat tutup sangkar dengan memakai kawat kasa.
3. Pemilihan Induk dan Perkawinan
Bekicot banyak sekali ditemukan didaerah pedesaan, jadi anda hanya harus mengumpulkan bekicot-bekicot tersebut ke dalam sangkar yang sudah disediakan tadi, kemudian untuk menentukan indukan sanggup dipilih sesuai kriteria berikut ini : Bertubuh besar dengan ukuran 6-7cm dan berat sekitar 70gr. Mempunyai cangkang yang besar lengan berkuasa dan bersih. Untuk pemilihan induk tidak perlu memperhatikan jenis kelamin, sebab bekicot ialah binatang yang memiliki kelamin ganda. Bekicot yang sudah dipilih sanggup eksklusif ditempatkan di dalam sangkar penetasan. Setiap sangkar penetasan sanggup diisi 10 pasang bekicot. Untuk pemindahan bekicot dari sangkar ke sangkar penetasan sebaiknya dilakukan pada malam hari.
4. Pembesaran:
Pembesaran merupakan tahap lanjutan sehabis penetasan telur dan pemeliharaan anak bekicot. Pembesaran yang dilakukan di sangkar dilakukan sehabis anak bekicot berumur 7-15 hr. Kegiatan pembesaran dimulai dengan pemindahan anak bekicot dari sangkar penetasan ke dalam sangkar pembesaran. Pada dikala pemindahan harus dilakukan dengan hati-hati sebab cangkang bekicot masih sangat rapuh. Setelah anak bekicot dipindahkan ke dalam sangkar pembesaran, perlu diperhatikan sumbangan vaselin di sekitar dinding kandang, supaya anak bekicot tidak keluar dari kandang. Agar pembesaran bekicot tepat lakukan penyiraman sangkar sehari 2x yaitu padi dan sore hari supaya kelembaban dan suhu sangkar sanggup terjaga dengan baik. Bekicot sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 7-10 bulan.
5. Pemasaran
Bekicot segar ialah bekicot yang dipasarkan dalam bentuk segar dan masih hidup. Cara umum yang dipakai yaitu dengan menempatkan bekicot ke dalam keranjang atau eksklusif di kolam truk dengan cara berlapis-lapis antara bekicot dan pelindung.
Bekicot olahan ialah bekicot yang diolah terlebih dahulu sebelum dipasarkan. sebelum mengolah bekicot hendaknya bekicot tidak diberi makan dahulu selama 2 hari untuk membersihkan kotoran yang ada didalamnya.
 
Demikian sedikit ulasan mengenai budidaya bekicot, adapun kekurangan harap dimaklumi.Semoga bermanfaat.
 
 


Demikianlah Artikel Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal

Sekianlah artikel Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Bekicot Yang Gampang Dan Mudah Untuk Hasil Maksimal dengan alamat link http://love4rag.blogspot.com/2020/07/cara-budidaya-bekicot-yang-gampang-dan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel